selamat datang di BLOG alief R.H

selamat datang di BLOG alief R.H

Rabu, 19 November 2014

CDMA dan Perkembangannya


Code division multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka
Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon selular terutama yang berkaitan dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan[1].
CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.
ada beberapa tingkatan teknologi pada jaringan CDMA pada seluler yang mempengaruhi kecepatan koneksi yaitu:
CDMA2000-1X adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi layanan mobile canggih yang menyediakan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi konektivitas, termasuk akses ke Internet, aplikasi data mobile dan konten multimedia. Koneksi 1X ( CDMA 2000 1X) setara dg kecepatan download 153 kbps upload 128 kbps

EVDO yaitu singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA yang terdiri dari 

EV-DO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) memperkenalkan kecepatan tinggi baru packet-switched teknik transmisi yang secara khusus dirancang dan dioptimalkan untuk data-centric jaringan broadband yang dapat memberikan kecepatan data puncak melampaui 2 Mbps dalam lingkungan mobile.


EV-DO Rev A adalah suatu evolusi dari EV-DO Rev 0 yang meningkatkan tingkat puncak pada maju mundur dan link untuk mendukung wide-variety of symmetric, delay-sensitif, real-time, dan secara bersamaan suara dan aplikasi data broadband. Dengan kecepatan uplink lebih simetris memungkinkan pengguna untuk mengirim file besar, email dengan lampiran, resolusi tinggi foto dan video pribadi dari perangkat mobile mereka, dengan kecepatan download sekitar 3.1 Mbps dan uplink 1.8 Mbps


EV-DO Rev B merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game. teknologi EVDO Rev B memiliki kecepatan download maksimal 14.7 Mbps dan uplink 5.4 Mbps.



Sekalipun sudah diluncurkan layanan EVDO Rev B, bukan berarti teknologi generasi sebelumnya mereka tinggalkan. seperti contoh Smart Telecom tetap mengoperasionalkan teknologi EVDO Rev A yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar